Percobaan SAINS Menggunakan Botol Plastik Bekas

     Pada hari ini, Kamis (09/02), siswa-siswi kelas 4 SD SAIMS mengadakan percobaan tentang perambatan energi bunyi. Pada percobaan kali ini, siswa memanfaatkan barang-barang bekas sebagai media pembelajaran. Botol dan gelas air mineral dalam kemasan yang sudah tidak terpakai dimanfaatkan sedemikian rupa sehingga menjadi media belajar. Ada yang membawa dari rumah, ada juga yang memanfaatkan botol bekas yang ada di kelas –yang akan dikumpulkan di Bank Sampah sekolah.
Botol bekas di kelas 4



Perambatan melalui benang
      Percobaan yang akan dilakukan ada 3 macam. Mereka akan menguji perambatan bunyi melalui benda padat, udara, dan cair. Pada percobaan pertama, gelas air mineral bekas dilubangi dasarnya. Benang kasur lalu dimasukkan dan diikat supaya tidak lepas. Pada ujung benang yang lain juga diperlakukan sama sehingga gelas pada ujung satu dapat dipakai untuk berbicara dan ujung lain untuk mendengar. Siswa menemukan bahwa suara akan terdengar jika benang dalam keadaan tegang. Jika tidak, suara tidak akan terdengar sama sekali.

Melubangi gelas plastik bekas
Memotong botol bekas

     Siswa lalu diarahkan membuat rangkaian botol yang disambung dengan selotip. Dengan kompak mereka membagi tugas memotong dengan cutter dan menyelotip. Kedua ujung berfungsi sama seperti percobaan pertama. Udara di dalam botol menjadi media perambatan suara yang dikeluarkan. Hal ini terjadi seperti pada kegiatan berbicara berhadapan tanpa penghalang apapun. Berbagai eksperimen kemudian dilakukan, diantaranya dengan menutup botol pada kedua sisi dan juga memasukkan kain ke dalam botol.
 
Hasil sambungan 1
Hasil Sambungan 2
Memasukkan mainan dalam air
  Pada percobaan terakhir, siswa membungkus mainan elektronik yang berbunyi ke dalam plastik. Mereka lalu memasukkan plastik tersebut kedalam ember yang berisi air. Siswa dapat merasakan getaran pada tangan yang mencelupkan mainan, namun suaranya menjadi lemah atau bahkan tidak terdengar. Di akhir sesi, siswa mencatat hasil percobaannya pada lembar LKS, dengan kesimpulan bahwa bunyi dapat merambat melalui suatu perantara.


Search This Blog

Loading...